Sabtu, 09 April 2022

 

Nama  : Ananda Rahmawati Susilo

NIM    : 21413241014

Kelas   : A – Pendidikan Sosiologi

Matkul : Kurikulum Pembelajaran Sosiologi

Dosen  : Aris Martiana. S.Pd., M.Si.

 

 

UTS KURIKULUM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI

 

Soal :

Ø  Kurikulum sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan maka tentu akan banyak persoalan yang mewarnainya. Pilihlah 1 isu/permasalahan terkait Kurikulum/Pendidikan yang ada kaitannya dengan kurikulum di Indonesia ataupun di negara lain. Buat ringkasan substansi dari isu tersebut kemudian analisalah dengan pendapatmu dan gunakan teori untuk menganalisanya!

 

Jawab :

 

Kurikulum sebagai rancangan sebuah pendidikan yang memiliki kedudukan strategis di dalam seluruh aspek kegiatan pendidikan. Kurikulum merupakan bagian penting dalam pendidikan, apabila dalam pendidikan tidak ada kurikulum maka pendidikan berjalan tidak beraturan. Di Indonesia hal ini akan membuat suatu kurikulum terus berkembang dan menimbulkan perubahan dalam perkembangan kurikulum. Adanya isu reformasi pendidikan, gagasan pembaharuan pendidikan bermunculan dengan momentum yang mendasar dan berbeda dengan gagasan pada era sebelumnya. Dengan itu akan mewujudkan pengembangan pendidikan yang berkaitan dengan kurikulum.

 

Isu kurikulum yang saya ambil kali ini yaitu mengenai isu Kegagalan Kurikulum 2013 di Indonesia. Kurikulum 2013 telah diimplementasikan memiliki berbagai isu permasalahan sehingga kurikulum tersebut mulai diragukan efektivitasnya. Oleh karena itu, hal seperti guru yang tidak siap serta infrastruktur kurikulum yang belum memadai perlu untuk diperhatikan. Kurikulum tersebut dalam penerapannya terlalu dipaksakan, karena diberlakukan secara serentak di semua jenjang sekolah pada tahun 2014/2015. Sehingga berbagai isu permasalahan mulai bermunculan  dalam proses pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 ini. Misalnya pada sekolah-sekolah yang kurang akan infrastruktur atau fasilitas pembelajaran, terdapat isu akan minimnya jumlah buku paket sebagai pegangan siswa maupun guru dalam mengajar. Isu lain mengenai kesiapan guru yaitu kurangnya kesiapan guru sebagai tenaga pendidik dalam menerapkan kurikulum 2013 ini.

 

Menurut saya permasalahan isu di atas terdapat kaitan dengan teori belajar behavioristik di mana  dalam penerapannya guru haris pandai dalam mengobservasi dan memperhatikan siswa. Di sini guru perlu untuk mempersiapkan proses pembelajaran sesuai dengan kebijakan yang berlalu saat itu pula seperti kurikulum yang sedang berlaku. Selain itu  dalam proses pembelajaran, lingkungan sekolah seperti fasilitas belajar atau infrastruktur serta suasana lingkungan yang perlu untuk diperhatikan. Permasalahan isu kegagalan kurikulum 2013 apabila dapat dipecahkan maka implementasinya akan sesuai dengan teori belajar di sekolah seperti teori behavioristik.

 

Permasalahan isu kegagalan kurikulum 2013 dapat diupayakan dengan berbagai solusi dari beberapa pihak. Dalam kegagalan tersebut yang diperhatikan yaitu mengenai kesiapan guru dalam mengajar siswanya menggunakan kurikulum tersebut. Padahal salah satu penentu keberhasilan kurikulum 2013 yaitu adanya kesiapan guru dalam kurikulum tersebut. Seperti teori yang dikatakan oleh Syaodih (Rusman, 2009:75) yang berpendapat bahwa mengimplementasikan kurikulum berdasarkan rancangan akan dibutuhkan kesiapan-kesiapan terutama kesiapan dalam proses pelaksanaan. Keberhasilan bergantung pada guru walaupun desain dan rancangan kurikulum yang dimiliki sudah sangat bagus.  

 

Selain itu, dengan melihat permasalahan guru yang tidak siap akan mengajar menggunakan kurikulum 2013 dapat dipecahkan dengan mengimplementasikan orientasi yang dikemukakan oleh Miller Seller. Miller Seller berpendapat bahwa kurikulum dengan orientasi transmisi menekankan pada materi pembelajaran yang akan diterima oleh seorang siswa. Dan guru sebagai pendidikan harus memiliki kesiapan dalam menguasai materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang sudah dirancang. Misalnya pada saat ini yang sedang dibahas yaitu kurikulum 2013, maka guru harus memiliki kesiapan dalam menguasai materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013.  Sehingga selain dengan guru mengikuti pelatihan, guru juga paham mengenai orientasi transmisi yang telah dikemukakan oleh Miller Seller.

 


Referensi :

Kurnia dan Wafiqa. Isu-Isu Kurikulum Terkini. Universitas Sriwijaya. https://pdfcoffee.com/qdownload/isu-isu-kurikulum-terkini-3-pdf-free.html

Noni Novitasari, Caesa Nabila, Wulan Hikmah Fratiwi. Universitas Muhammadiyah Tangerang. ANALISIS KENDALA GURU DALAM MENERAPKAN K13 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SDN PEGADUNGAN 8 PETANG. https://core.ac.uk/download/pdf/322517313.pdf

PDF Kelompok 5 Miller Seller.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Permasalahan Budaya Organisasi Pada Pegawai Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis

UJIAN TENGAH SEMESTER PROFESIONALISME SUMBER DAYA MANUSIA Nama                           : Ananda Rahmawati Susilo NIM            ...