Nama : Ananda Rahmawati Susilo |
NIM : 21413241014 |
Kelas : A – Pendidikan Sosiologi |
Matkul
: Kurikulum Pembelajaran Sosiologi |
Dosen : Aris Martiana. S.Pd., M.Si. |
UTS KURIKULUM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI
Soal :
Ø Kurikulum
sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan maka tentu akan banyak persoalan
yang mewarnainya. Pilihlah 1 isu/permasalahan terkait Kurikulum/Pendidikan yang
ada kaitannya dengan kurikulum di Indonesia ataupun di negara lain. Buat
ringkasan substansi dari isu tersebut kemudian analisalah dengan pendapatmu dan
gunakan teori untuk menganalisanya!
Jawab :
Kurikulum
sebagai rancangan sebuah pendidikan yang memiliki kedudukan strategis di dalam
seluruh aspek kegiatan pendidikan. Kurikulum
merupakan bagian penting dalam pendidikan, apabila dalam pendidikan tidak ada
kurikulum maka pendidikan berjalan tidak beraturan. Di Indonesia hal ini akan
membuat suatu kurikulum terus berkembang dan menimbulkan perubahan dalam
perkembangan kurikulum. Adanya isu reformasi pendidikan, gagasan pembaharuan
pendidikan bermunculan dengan momentum yang mendasar dan berbeda dengan gagasan
pada era sebelumnya. Dengan itu akan mewujudkan pengembangan pendidikan yang
berkaitan dengan kurikulum.
Isu
kurikulum yang saya ambil kali ini yaitu mengenai isu Kegagalan Kurikulum 2013 di Indonesia. Kurikulum 2013 telah
diimplementasikan memiliki berbagai isu permasalahan sehingga kurikulum
tersebut mulai diragukan efektivitasnya. Oleh karena itu, hal seperti guru yang
tidak siap serta infrastruktur kurikulum yang belum memadai perlu untuk
diperhatikan. Kurikulum tersebut dalam penerapannya terlalu dipaksakan, karena
diberlakukan secara serentak di semua jenjang sekolah pada tahun 2014/2015.
Sehingga berbagai isu permasalahan mulai bermunculan dalam proses pembelajaran menggunakan
kurikulum 2013 ini. Misalnya pada sekolah-sekolah yang kurang akan
infrastruktur atau fasilitas pembelajaran, terdapat isu akan minimnya jumlah
buku paket sebagai pegangan siswa maupun guru dalam mengajar. Isu lain mengenai
kesiapan guru yaitu kurangnya kesiapan guru sebagai tenaga pendidik dalam
menerapkan kurikulum 2013 ini.
Menurut
saya permasalahan isu di atas terdapat kaitan dengan teori belajar behavioristik
di mana dalam penerapannya guru haris
pandai dalam mengobservasi dan memperhatikan siswa. Di sini guru perlu untuk
mempersiapkan proses pembelajaran sesuai dengan kebijakan yang berlalu saat itu
pula seperti kurikulum yang sedang berlaku. Selain itu dalam proses pembelajaran, lingkungan sekolah seperti
fasilitas belajar atau infrastruktur serta suasana lingkungan yang perlu untuk
diperhatikan. Permasalahan isu kegagalan kurikulum 2013 apabila dapat
dipecahkan maka implementasinya akan sesuai dengan teori belajar di sekolah
seperti teori behavioristik.
Permasalahan
isu kegagalan kurikulum 2013 dapat diupayakan dengan berbagai solusi dari beberapa
pihak. Dalam kegagalan tersebut yang diperhatikan yaitu mengenai kesiapan guru
dalam mengajar siswanya menggunakan kurikulum tersebut. Padahal salah satu
penentu keberhasilan kurikulum 2013 yaitu adanya kesiapan guru dalam kurikulum
tersebut. Seperti teori yang dikatakan oleh Syaodih (Rusman, 2009:75) yang
berpendapat bahwa mengimplementasikan kurikulum berdasarkan rancangan akan
dibutuhkan kesiapan-kesiapan terutama kesiapan dalam proses pelaksanaan. Keberhasilan
bergantung pada guru walaupun desain dan rancangan kurikulum yang dimiliki
sudah sangat bagus.
Selain
itu, dengan melihat permasalahan guru yang tidak siap akan mengajar menggunakan
kurikulum 2013 dapat dipecahkan dengan mengimplementasikan orientasi yang dikemukakan
oleh Miller Seller. Miller Seller berpendapat bahwa kurikulum dengan orientasi
transmisi menekankan pada materi pembelajaran yang akan diterima oleh seorang
siswa. Dan guru sebagai pendidikan harus memiliki kesiapan dalam menguasai
materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang sudah dirancang. Misalnya pada
saat ini yang sedang dibahas yaitu kurikulum 2013, maka guru harus memiliki
kesiapan dalam menguasai materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013. Sehingga selain dengan guru mengikuti
pelatihan, guru juga paham mengenai orientasi transmisi yang telah dikemukakan
oleh Miller Seller.
Referensi :
Kurnia
dan Wafiqa. Isu-Isu Kurikulum Terkini.
Universitas Sriwijaya. https://pdfcoffee.com/qdownload/isu-isu-kurikulum-terkini-3-pdf-free.html
Noni
Novitasari, Caesa Nabila, Wulan Hikmah Fratiwi. Universitas Muhammadiyah
Tangerang. ANALISIS KENDALA GURU DALAM
MENERAPKAN K13 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SDN PEGADUNGAN 8 PETANG. https://core.ac.uk/download/pdf/322517313.pdf
PDF
Kelompok 5 Miller Seller.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar